Wednesday 26 June 2013

Bolos? Why Not

Hai, kali ini gue mau sedikit mengorek-ngorek kembali cerita masa lalu.
Tapi bukan tentang mantan. Takutnya kalian mikir masa lalu cuma tentang mantan mulu. Bukan bukan..

Gue mau nyeritain kejadian yang bisa di bilang memalukan, lucu tapi juga mengesankan saat gue sekolah dulu.

Jadi gini, gue sekolah di SMK yang mengambil jurusan Teknik. Lo bisa bayangin lah, kalo sekolah teknik itu mayoritas dan dominan cowok. Tapi di situ juga ada siswa ceweknya kok, takutnya kalian salah presepsi juga.

Buat gue ini biasa, harus bergaul dengan cowok atau lebih akrab dengan cowok itu simpel. Kenapa? sebab dari kecil temen gue emang cowok. Gue lebih banyak punya temen cowok ketimbang cewek. Dan itu berarti gue normal, walau sampai saat ini gue masih belum punya cowok. halah..


Nggak kaget juga kalo beberapa dari kita ngalamin perubahan sikap kalo kita ada di lingkungan baru, kita bisa saja terpengaruh oleh ajakan orang lain dalam berbagai hal.  Contohnya gue, pertama kali gue masuk sekolah itu gue bisa dibilang anak diem. Nggak neko-neko. Tapi semua berubah saat negara api menyerang. Semua berubah saatu gue tau tempat permak celana seragam. Yap. gue permakin celana seragam gue jadi pensil. Sekolah gue emang pake celana untuk murid-muridnya.


Berawal dari celana seragam gue udah pensil, gue udah ngelanggar aturan sekolah. Gue udah ngelanggar aturan anak diem yang nggak neko-neko. Gue sering diperingatin guru kesiswaan gue akibat celana itu. so far, gue tetep baik-baik aja dengan celana itu.

BOLOS.
Anak mana sih yang ngga tau apa itu bolos?
Gue yakin lo pasti tau apa itu bolos, walau ada dari lo yang belum/nggak pernah bolos. Gue cukup dikenal 'nakal' oleh temen-temen gue. Celana seragam pensil, sering bolos, sering ninggalin pelajaran, ke perpus cuma buat nonton ftv, tidur di UKS, dan bahkan gue ikut pelajaran kelas lain.

Sebagai Cewek, gue amat sangat cukup nakal. Dikelas gue ceweknya cuma ada 7 manusia dari 23. Gue satu-satunya cewek berani di kelas gue. Gue sering ngajakin temen-temen cewek makan di kantin pas masih pelajaran, hasilnya? kita semua dapet poin. Gue sih biasa aja, nah mereka? Semenjak itu mereka nggak mau keluar kelas kalo emang belum istirahat.

Awalnya gue juga takut buat bolos, semua itu berawal dari keterlambatan gue ke sekolah. Di sekolah gue kalo terlambat, orang tua wajib telp sekolah dan minta ijin biar anaknya bisa masuk. Nah waktu itu boro-boro nyokap gue telp sekolah, gue aja nggak ada pulsa buat ngabari kalo gue telat, akhirnya bolos adalah akhir dari pemikiran gue.

Sekali dua kali bolos bolehlah lo jabanin. Nah ini? Gue keseringan bolos. Gue juga sering di ajakin bolos sama temen-temen gue. Waktu kenaikan kelas ke kelas 11, gue kena rapat pleno. Dan nggak perlu ditanya lagi kenapa gue kena rapat ngeri itu, iya karena bolos itu tadi.

3 bulan gue masa rehabilitasi. 3 bulan gue ngapa-ngapain harus di tulis di buku agenda. 
Dan setelah 3 bulan, gue belum kapok. Gue sering banget perang sama perasaan gue tentang bolos, tapi setan dalam hati gue selalu memenangkan perang ini.

Waktu itu gue udah rencana bolos sama temen gue. Gue sengaja lewat jalan lain biar bisa langsung ke tempat langganan gue kalo bolos. Disana gue ketemu temen gue yang beda sekolah. Awalnya gue fine-fine aja, nggak ngerasa takut ketauan atau apalah. Tapi semua beda saat gue liat chat facebook gue. Hampir ada 7 temen kelas gue ngechat dengan pertanyaan yang sama 'lo dimana?' atau 'eh, kenapa nggak masuk? di cari guru'. Awalnya kenapa gue dicariin guru itu? gue nggak punya utang tugas. Parahnya temen gue yang bolos sama gue malah di SMS-in langsung oleh guru itu tadi. Iya, dengan pertanyaan yang sama 'kamu dimana?'. Temen gue gelagapan, bingung mau jawab gimana, akhirnya di bilang kalo dia sakit trus nggak masuk kerja. Oiya, temen yang bolos sama gue ini temen sekolah gue yang lagi ngejalanin program PSG. Dan guru yang nyariin kita itu tadi dalah pembimbing psg itu tadi.

Yang bikin gue panik dalam hal ini, ada temen gue yang ngabarin kalo gue sama tu temen yang bolos KETAUAN sama pak guru pembimbing itu tadi. Kok bisa ketauan? Gue ngga habis pikir. Gue sering bolos dan nggak pernah ketauan. Apes banget kali ini.

Gue mikir strategi buat ngomongin ke pak guru itu. Nah temen gue enak, dia psg, dia nggak ketemu guru-guru sekolah, dia nggak bakal jadi perbincangan hangat di kantin. Nah gue? Besoknya gue ada pelajarannya orang itu pula. Mampus lah.

Pas besoknya gue jadi bahan ketawaan setiap ketemu temen-temen cowok gue. Mereka ngeledekin gue gara-gara gue ketauan bolos. Sebagai murid yang cukup dikenal di sekolahan, gue ngerasa pamor gue turun drastis. Gue emang malu, tapi gue pikir Ngga apa lah, namanya juga hidup pasti ada apesnya.

Gue udah keringet dingin aja waktu pelajarannya guru itu dimulai. Nggak lama gue dipanggil kedepan, temen-temen gue pada ketawa ngeliatin gue. Gue di introgasi kayak maling ayam. Di tanyain ini itu. Dan akhirnya gue tau kenapa gue bisa ketauan. Orang ini nungguin gue lewat di rute gue bolos parahnya lagi, dia ngikutin gue. Ngikutin coy ngikutin.... Hebat juga feeling orang ini ya, tau kapan gue mau bolos, lewat mana gue.. Harusnya beliau dapet apresiasi dari sekolah. Gue biasa aja sih ngadepin pertanyaannnya, sebelum guru ini bilang 'berita ini udah nyebar. BP udah denger juga. mungkin kamu bakal di panggil BP, atau mungkin Waka kesiswaan'. What the ngok, masalah ini panjang sampe di tangan Waka Kesiswaan dan BP. oh, oke!!

Kemana-mana gue jadi topik hangat sekolah, di kelas, di kantin, di ruang guru, dan saat pergantian pelajaran. Hampir semua guru tau masalah gue. Bahkan ada guru bilang kalo masalah gue lagi di proses sama Waka... Mampus..

Sebel juga sih, kemana-mana jadi bahan omongan. Pas gue dipanggil BP, lo tau gue ngapain di sana? Nggak ngapa-ngapain. Guru BP nya juga udah paham kalo masa-masa kaya gue ini masanya anak nakal. Disitu gue malah ngobrol-ngobrol santai sama guru BP. Gue malah dikasih tips kalo bolos biar nggak ketauan. Gila juga guru ini..

Well, kejadian gue diikutin  guru pas bolos nggak buat gue kapok. Gue tetep biasa aja kalo mau bolos. Sampai pada akhirnya pas gue kelas 12 semester 1 atau bisa dibilang semester 5 gue, gue masuk peringkat 10 alpa tertinggi. Gue biasa.

Gue peringkat 10 alpa, padahal cuma 5,1 loh

Bolos itu tantangan tersendiri bagi gue.

Prinsip gue simpel sih, gini: gue gapapa bolos, asal nilai lo bagus. Dan itu semua terbukti. Nilai gue bagus, nggak ngecewain orangtaua gue lah pokoknya.

Gue sering mikir kenapa masa putih abu-abu gue malah gue bikin kayak gini? ini terjadi begitu saja.
Hikmah yang gue ambil semenjak gue dinobatkan sebagai ALUMNI 2013 kaya gini, Jalanin aja hidup lo, yang kemarin? dibuat aja cerita lucu di esok hari. Buat cerita ke anak gue nanti. Yang jelas kejadian ini semua terjadi dengan sendirinya bukan sensasi buat ngedongkrak popularitas gue. *macam selebriti aja*



Gue nyesel. Iya, nyesel kenapa bukunya Kevin Anggara terbit sekitar Juli disaat gue udah jadi alumni? Jadinya gue nggak bisa mraktekin langsung tips yang ada di bukunya Kevin.


Apa? Lo belum tau siapa Kevin Anggara?
Dasar Kudet!!!! Kevin Anggara itu blogger absurd, dia Juga yang nulis buku Student Guidebook for Dummies (Panduan Ngaco Pelajar Keren) STUDIES. 

bulan depan terbit coooy...

Kalian buat yang ngaku pelajar absurd, lo belum absurd kalo belum baca buku Kevin ini.
Postingan gue ini juga gue peruntukan *ciyeh* buat Kevin Anggara. Yoii, soalnya dia yang bikin ini lomba, dia juga yang jadi juri.
Oiya, hal yang penting lagi, Kevin Anggara Jomblo loh, boleh lah lo coba keluarin jurus sepik terhebat lo. Bisa mention dia @kevinchoc
.
Awal mula gue kenal Kevin. bukan kenal, sebatas tau lah itu di forum Jamban Blogger. Dia Moderator gitu lah di forum itu. Dia sering nongol dengan kegalauannya, atau sepikannya haha..
Gue sendiri gabung di Jamban Blogger juga secara iseng aja. Pas gue tau si  Hena punya forum, gue cuma daftar doang biar hena seneng kalo forum nyambah 1 member. So far, ini seru. Lo bisa kenal temen baru. Lo kenal blogger-blogger keren. Lo bisa tanya sebutar blog. Lo bisa curhat, banyak member galau di dalemnya. Singkat kata ku bahagia. *taburin bunga*



so, gimanapun bentuk tulisan lo, disini ngumpulinnya...



Support by hosting + domain murah inspirat.net

20 comments:

  1. tapi di buku gue nanti nggak ada tips bolos hahaha :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sebelum ke penerbit lo sharing sama gue dulu kemarin, biar di buku lo ada :p

      Delete
  2. aduh anak ini suka bolos ternyata...

    ReplyDelete
  3. Uda pernah sampe dapet SP nggak njring?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak pernah dong ra.. aku kan anak diam :D

      Delete
  4. bolos lah ketika itu baik bagimu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalo menurut gue bolos gue selalu baik :D gak ada bolos yang buruk

      Delete
  5. Anonymous27/6/13 23:26

    Gue pernah bolos ke kelas sebelah, dan malah sampe jadi mimpin doa pulang di sana. Buahahaha...

    Lo suka bolos, berarti lo keren kayak gue :V

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue pernah disuruh maju ngerjain soal, padahal gue bukan murid kelas itu..

      oke, kita samaan :)

      Delete
  6. bolos itu baik..dengan bolos kita gak usah bengong dan galau tentang mantan disaat pelajaran guru yang membosankan...HIDUP RAJIN BOLOS !!

    ReplyDelete
  7. kalo gue sih gak pernah bolos....

    sebagai anak rajin mengaji,sering beramal,dan tidak sombong gue cuman sekali dipanggil ke ruang BP gara-gara..........main poker.

    -

    salken ya! kalo boleh mampir balik dong :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung sih gue nggak di panggil BP gara-gara poker atau uno *mringis*

      salam kenal juga :) oke..

      Delete
  8. Bolos itu merdeka, kalo lo bolos lo merdeka.

    Merdeka!!! merdeka!!! merdeka!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. merdeka sih merdeka, tapi ati gue belum merdeka :( #malahcurhat

      Delete
  9. haha perlu dilestarikan nih cewek seperti ini :D

    ReplyDelete